Fishiva's Blog

Just A Experiment Blog

ASTEROID

Asteroid, pernah disebut sebagai planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya. Komet menampakkan koma (“ekor”) sementara asteroid tidak (wikipedia indonesia).

Ada banyak hal menarik terjadi pada bintang-bintang di atas kita yang membuat astronomi sangat menyenangkan. Sebenarnya alam semesta ini selalu berubah, bergerak, atau ada yang bilang “hidup” hal ini karena kau tak pernah tahu apa yang akan dilihat pada malam tertentu astronomi.

Tapi dari banyak fenomena langit, mungkin ada yang tidak menyenangkan. Misalnya banyak yang mengaitkan kepunahan dinosaurus dengan dampak asteroid besar di bumi. Teori ini memiliki beberapa kredibilitas dan jika itu benar, maka teori ini memunculkan gambar yang cukup mengejutkan dan firasat menakutkan untuk spesies di muka bumi, umat manusia saat ini yang kemungkinan juga akan bisa musnah seperti halnya dinosaurus. Apalagi jika dikaitkan dengan kemunculan asteroid yang cukup besar yang sedang mendekati orbit bumi. Wallahu A’lam (hanya Allah yang tahu) bagaimana nasip bumi dan spesies manusia yang ada di atasnya. Mnusia hanya mampu mengkajinya menurut ilmu pengetahuan dan berusaha untuk mengatasi masalah-masalah ataupun fenomena-fenomena lain yang berkaitan dengan asteroid (dan segala sesuatu yang ada di dunia fana ini).

Kenyataannya (berdasarkan ilmu pengetahuan manusia) bahwa asteroid adalah puing-puing ruang bergerak cepat hanya membuat gerakan dan aktivitas mereka lebih menarik dan menyenangkan. Tidak seperti bulan, planet atau bintang, kemungkinan bahwa sebuah asteroid bisa memukul bumi seluruhnya masuk akal dan pada kenyataannya, ada banyak kasus yang berhasil didokumentasikan bahwa asteroid kecil bisa melalui atmosfer kita dan sampai di bumi akan meninggalkan kawah yang cukup mengesankan di permukaan bumi.

Budaya populer telah dengan gembira memeluk ide tentang dampak asteroid. Ide ini telah melahirkan banyak cerita fiksi ilmiah yang menambahkan gagasan bahwa bentuk-bentuk kehidupan asing yang ada di asteroid akan datang ke dunia kita dan memulai sebuah “perang dunia” (perang bintang atau perang asteroid atau sejenisnya). Namun sejauh ini, yang paling berbicara tentang konsep yang telah menangkap imajinasi dan ketakutan para penggemar fiksi ilmiah dan masyarakat umum adalah asteroid lain memukul bumi yang dapat menyapu kehidupan seperti diduga terjadi pada dinosaurus. Bahkan, film “Armageddon” ini didasarkan pada ide dan konsep yang entah bagaimana manusia bisa mencegah bencana itu dengan teknologi.

Tapi mungkin cara terbaik untuk menenangkan ketakutan kita dan menggantikannya dengan sains fiksi ilmiah adalah dengan pemahaman dan pengetahuan. Sebenarnya, telah ada banyak studi tentang aktivitas asteroid dan komunitas ilmiah yang serius telah memperoleh pengetahuan yang signifikan dari benda-benda angkasa yang menakjubkan ini. Sejumlah probe untuk asteroid telah dilakukan dan telah memberi kita banyak informasi tentang komposisi mereka dan bagaimana kita bisa memprediksi perilaku mereka.

Kita sekarang tahu bahwa sebagian besar asteroid datang dari sabuk asteroid yang ada di antara Mars dan Jupiter. Dari sinilah asteroid diperkirakan mucul. Para ilmuwan telah memperoleh pengetahuan yang signifikan tentang komposisi asteroid dan memisahkannya ke dalam kelas-kelas seperti kelas S yang berasal dari bagian sabuk yang paling dekat dengan Mars, kelas C, D dan V yang diklasifikasikan oleh komposisi dan kelas yang disebut “centaurus” pola penerbangan yang membawa mereka lebih dekat ke Jupiter dan Uranus.

Beberapa probe NASA telah terbang dekat dengan asteroid dan telah dilakukan beberapa studi menakjubkan tentang benda-benda angkasa yang eksentrik ini. Pada tahun 1994 Galileo probe telah diorbitkan 1000 mil dari asteroid Ida dan menemukan bahwa Ida benar-benar memiliki bulan sendiri.

Probe lainnya juga diluncurkan ke asteroid dan bahkan mendarat di sebuah asteroid untuk menghasilkan data ilmiah yang menakjubkan. Ada banyak pelajaran tentang asteroid yang bisa ketahui dan pengetahuan tentang asteroid itu hanya untuk menambah kenikmatan kita melihat mereka di dalam kosmos.

Itulah sekilas tentang asteroid

« ANTARIKSA


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: